Jumat, 10 Juni 2016

Virtual Diary: Ngobrol Sama Just-Anny

Halo teman-teman! Udah lama banget Lulu gak nulis di sini ya? Bukan males, tapi laptop Lulu rusak, dan Lulu juga lagi sakit. Beberapa waktu lalu sempat kecelakaan, sekarang masih proses pemulihan.

Kali ini gak akan bahas buku, Lulu mau berbagi cerita tentang obrolan Lulu dengan seorang penulis.

Buat Wattpadians, pasti udah gak asing sama Just-Anny. Itu lho ... penulis cerita remaja, yang cover-nya lucu-lucu, yang tulisannya seger dan bikin baper (ini mah baper buat saya sih), Just-Anny ini, nama aslinya Rezza Dwi Maharani dan Lulu memanggilnya Kak Rezza.



Lulu nyapa Kak Rezza di LINE. Dari sekian puluh ribu pengikutnya di Wattpad, Lulu gak yakin chat Lulu akan dibalas. Selain karena teman pembacanya banyak--yang mungkin juga sering nyapa beliau di chat--Lulu juga bukan user Wattpad yang aktif banget. Lulu sering membaca offline sehingga jarang ninggalin jejak. Kenapa? Sebab Lulu fakir kuota. Hahaha.

Jadi, Kak Rezza ini salah seorang penulis Wattpad yang karyanya dilirik penerbit. Novel Origamiara akan dibukukan. Lulu kira, Kak Rezza ini anak sastra yang memang udah suka menulis sejak kecil-- soalnya kalau kuperhatikan Kak Rezza ini punya jadwal yang teratur untuk update tulisannya yang masih berstatus on going. Melihat konsistensinya, Lulu ngira Kak Rezza ini memang udah kepingin jadi penulis sejak kecil.

Tetapi ternyata enggak. Kak Rezza ini justru dulu kuliahnya jurusan Matematika, menulis karena hobi dan kebetulan suka membaca, bukan karena tujuan awalnya memang ingin jadi penulis. Bahkan Kak Rezza ngaku, dia mulai aktif menulis itu pertengahan tahun 2014.



Kalau dibandingkan sama Lulu yang emang udah suka nulis sejak masih SMP, dan mulai aktif menulis sejak 2011, lebih lama Lulu nyemplung di dunia menulis. Tetapi sampai sekarang Lulu belum punya buku solo sebiiji pun (antologi ga masuk hitungan, sebab ditulisnya keroyokan). Ini jadi pelajaran buat Lulu untuk konsisten. Kak Rezza aja, yang awalnya cuma iseng doang, yang nulisnya belum selama Lulu, tulisannya bisa jadi karya yang lebih abadi dalam bentuk buku.

Yuk, teman-teman kita belajar konsisten dan rajin revisi tulisan biar lebih layak baca! Kalau tulisan kita rapi, nanti reader juga akan lebih tertarik. :D


Ada orang yang menganggap penulis Wattpad yang karyanya dipinang penerbit itu, cuma karena follower-nya banyak doang tapi sebenarnya tulisannya belum layak dicetak.

Kalau dipikir-pikir ini hampir mirip dengan fenomena Selebtwit Bikin Buku beberapa tahun lalu. Tetapi Wattpad kan memang media untuk menulis bukan sekadar bercuap-cuap.

Eh, Lulu gak mau bahas itu kok.  Sebab Lulu percaya, penulis Wattpad yang karyanya dilirik penerbit itu pasti tulisannya punya keistimewaan, makanya bisa populer. Ini mah pendapat Lulu aja, benar atau tidaknya Lulu lebih suka berpikir seperti itu.

Lulu punya pesan dari Kak Rezza yang menurut Lulu, lebih penting untuk di-share.



"Aku percaya kok kalo orang yang besar karena proses yang perlahan akan lebih lama bertahannya dibanding orang yang besar secara instan. Begitu juga dengan menulis. Banyak baca, banyak nulis, banyak nyoba, banyak belajar. Jangan jadikan ketenaran di Wattpad sebagai indikator tulisan seseorang bagus. Wattpad cukuplah jadi arsip aja. Biar karya kita lumayan dibaca orang."

Lulu sendiri termasuk orang yang menggunakan Wattpad sebagai media latihan menulis. Untuk Lulu pribadi, menulis di Wattpad, lebih mudah mendapatkan pembaca dibandingkan dengan menulis di blog sendiri. Hahaha.

Lulu ngaku  kepingin tulisan Lulu dibaca banyak orang, dikasih feedback, syukur-syukur dikasih tahu apa yang harus diperbaiki. Tetapi Lulu memang agak gimana ... gitu sama komentar pedas. Meski pun komentar itu sungguh-sungguh ngasih tahu tentang kesalahan kita dalam menulis, kalau disampaikan dengan bahasa yang gak sopan dan ujung-ujungnya malah jadi kritik yang menjatuhkan, ngeri juga rasanya.

Jadi keingetan pesan Kak Stella: "Kita memang perlu terus membenahi diri, tetapi untuk kritik yang tidak membangun, kayaknya kita harus tuli deh."


Oh ya, ada novel All My Heart karya Kak Hyeon Gee dan Let Out The Beast dari Precious Unicorn yang akan  Lulu bahas di sini nanti (seharusnya ini masuk review bulan Mei) tetapi Lulunya harus sembuh total dulu. Minta doanya ya teman-temaaan!


Tatah~

29 komentar:

  1. kecelakaan? waduuh gws ya luluuu tp kamu keren semangat nulisnya masih membara :D

    temen ku ada tuh yg artis wattpad haha aku juga suka nulis tapi lamaaa banget udah nggak bikin cerita, pengen bikin wattpad jg deh lu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Cantik :D

      Hayu atuh nulis cerita kamu keasyikan jadi fashion blogger ya? Hihi.

      Yuk gabung di Wattpad. :D

      Hapus
  2. Waaah. Lulu suka nulis di Watpadd? Naq Watpadd banget nih. Sampe bisa ngobrol-ngobrol sama penulis kece Watpadd :D Pesannya keren. Btw kamu juga udah nulis antologi? Itu udah keren,Lu. Apa kabarnya aku yang nggak pernah sama sekali. Huahahaha. Huhuhu.

    Aku baru baca satu cerita doang di Watpadd, itupun juga karena penulis Watpaddnya itu aktif ngeblog dan udah punya beberapa buku juga. Huhuhu. Kalau berminat, kamu bisa baca Watpaddnya dia deh. Nama penulisnya Haris Firmansyah. :D

    Lu, kecelakaan apa? Pantesan aja nggak ada nongol di dasbor. Sama kayak Laili yang cantik di atas deh, aku juga doain moga cepat sembuh ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh aku typo. Wattpad bukan Watpadd. Bahahaha. :'D

      Hapus
    2. Gapapa salah ketik Ca, asal jangan sampe ngerubah arti aja. Rambut jadi jembut misalnya. Duh, itu baru bahaya. Hahahaha.


      Iyaa kalo antologi sih ada. Tulisanku udah dibukukan ke sekitar 12 judul antologi tapi tetep aja beda sama buku sendiri.

      Haris Firmansyah yang nulis 3 Koplak Mengejar Cinta, ya? Aku tau blognya tapi gatau kalo dia juga naq wattpad. Emang kuper sih aku. Hahaha.

      Haha Icha juga tjantik kok, makasih ya udah doain aku petcembuh :3

      Hapus
  3. Suka baca-baca di Watpadd juga? Emang keren-keren sih yang pada nulis fiksi di Watpadd mah. Ternyata ada BANYAK banget penulis di Indonesia yang berbakat pisan...

    Nice post by the way, Lulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya suka baca di Wattpad, aku juga nulis di sana. Yaa itung-itung latihanlah. :D

      Hapus
  4. watpadd yaa? baru tau nih keknya, meluncur ke tkp

    BalasHapus
  5. Saat kita memutuskan untuk go publich, entah itu jadi intertainer atau penulis... ya harus siap dengan komentar dan kritikan pedas Lu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Wahab, kayak yang aku kutip dari pesannya Kak Stella, kalau pedas tapi membangun mah, serap yang membangunnya aja. Tapi kalau yang pedas, asem, pahit, dan gak membangun, mending pasang headphone aja di telinga sambil dengerin lagunya Troye Sivan (kyaaa) maksutya di-ignore gitu. Hehehe.

      Hapus
  6. kasihan kecelakaan :) semoga cepet sembuh dari pemulihannya :) Hebat lulu bisa mulai nyemplung ke dunia menulis sejak SMP. Kalau saya sih waktu SMP boro-boro kepikirang mau nulis :) hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. Thanks Effendi, banyak yang lebih hebat dari aku kok. Belum ada apa-apanya aku mah. :D

      Hapus
  7. Kok sama luk
    Aku juga klo dpt kritik pedes suka yg kepikiran, wali maksudnya baik hihi
    Tp tetep ya kita maunya dikritik pun dg bahasa yg sopan
    Wah aku jd pnasaran sm bukunya reza

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan kripik pedas ya daripada kritik pedas. Yaampun lagi puasa kok keingetan makanan mele wkwk

      Hapus
  8. Waw seru dan pastinya senang ya mbak bisa chatingan sama penulis yang di idolakan saya saja belum pernah tuh mbak ngalaminnya, tapi mungkin keinginan saya ini akan terjadi pada lain kesempatan.

    BalasHapus
  9. Semoga semakin cepat proses pemulihannya ya Mbak, dan sukses selalu. Salam kenal

    BalasHapus
  10. luluuu, semoga cepat pulih ya! dan aku suka banget sama feedback Kak Rezza, makasih udh d share. semoga tulisan lulu makin ketjeh!

    BalasHapus
  11. Kalo dilihat dari sejarahnya, kak rezza ini bisa jadi inspirasi juga ya lulu, kalau jadi penulis nggak harus dari jurusan sastra, kak rezza kan dari jurusan matematika yang gemar membaca, poinnya itu ya gemar membaca...

    Sakitnya lulu semoga cepet sembuh aja deh, amiiiinnnn... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, itu tujuanku nulis ini. Itu yang mau aku sampaikan.

      Makasih. :)

      Hapus
  12. lagi rame nih ya dari wattpad lalu diterbitin. temen gue demen tuh mantengin wattpad dan nyuruh gue nulis di situ juga :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAAMPUN BLOG SAYA DIDATENGIN BANG YOGA! *gelar karpet merah* *sungkem*

      Kenapa gak nyoba nulis di sana, Bang? Mana tau buku-buku selanjutnya lahir :D

      Hapus
  13. Lulu, brarti gk papa dong yah nulis cerita diwattpad dlu bru ke penerbit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enggak apa-apa,mungkin tergantung penerbitnya juga. Tapi kebanyakan penerbit sekarang nerima karya yang sudah dipublikasikan di Wattpad untuk dicetak sama mereka. Tentu saja diolah lagi ya kalau udah masuk redaksi. Hehehe.

      Hapus
  14. yoi, orang yang pake proses akan lebih tahan lama pencapaiannya daripada yang secara instan. karena sebenarnya proses membuat sesuatu menjadi konsisten. hebat ya bisa line-an sama reza rahardian..

    BalasHapus
  15. aku join wattpad gara2 pengin baca tulisannya mbak okke sepatu merah
    eh ternyata belum dilanjutin lagi sampek sekarang hehe
    ya dihapus deh itu wattpadnya

    BalasHapus
  16. Pernah baca wattpad cuma karena gebetan nulis di wattpad. Hmmm, salah gak ya? Harusnya lebih sering baca lagi deh. Hehehe.

    Pengen juga rasanya nulis di wattpad. Tapi blognya nanti terlantar. Semoga menyusul Kak Rezza, ya.

    BalasHapus