Selasa, 19 April 2016

Review Over The Rain

Salah satu nikmat yang saya syukuri dari pertambahan usia adalah genre buku bacaan yang semakin luas. Waktu umur saya masih belasan, kayaknya bacaan saya begitu-begitu melulu. Teenlit lagi teenlit lagi. Selain karena saya merasa belum saatnya membaca buku-buku yang bermuatan dewasa, otak saya pun enggak sanggup untuk mencernanya kalau maksain baca.

Serius deh, tontonan, bacaan, yang kita konsumsi itu harus sesuai sama umur. Waktu SMP saya pernah nonton film horor thiller yang saya tergoda untuk menonton karena orang-orang di sekitar saya  bilang kalau film itu seru.

Jadilah saya nonton (padahal udah jelas itu gak pantas ditonton anak dibawah 14 tahun) dan akhirnya saya nyesel setengah mati nonton filmnya. Karena sepanjang nonton saya disuguhi adegan dan percakapan yang bikin jantung saya kayak mau copot dari rongganya. Saya jadi susah tidur beberapa hari.

Masih waktu SMP, saya juga pernah baca salah satu buku Kakak saya yang bergenre chiklit. Ceritanya tentang pengkhiantan, dan blah blah blah! Setelah baca buku itu saya jadi terus-terusan kepikiran.

Tapi bukan itu sih yang mau saya bahas. Saya mau bahas tentang novel Over The Rain karya Mbak Asri Tahir. Ini termasuk novel dewasa ya, karena ceritanya mengusung tema pernikahan. Dan, sebelum dihujat, saya mau bilang kalau saya udah cukup umur buat baca novel ini.

Soalnya kemarin  ada yang ngira saya masih SMA masa -______-

           




Judul: Over The Rain
Penulis: Asri Tahir
Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Oh ya, ini saya dapat novel ini dari Mbak Dini Virtaliana. Makasih buat hadiahnya ya Mbak Dini~

Novel ini dibagi menjadi dua cerita. Bagian petama adalah Langit Malam, yaitu prequelnya Over The Rain. Jadi yang heran kenapa gambar covernya kebalik, itu bukan salah percetakan, emang novelnya terdiri dari dua bagian.


Mereka mencintai tapi tak ada jalan bersama
Mereka bersama, tapi tidak saling mencintai.
Adalah Bulan yang memimpikan hidup bersama seseorang yang sejak lama dicintainya.
Adalah Bintang yang mengabulkan segala asa demi yang tercinta.
Meski hidup tak selamanya indah, akankah mereka bahagia di jalan yang berbeda?

Sinar Rembulan menjatuhkan hatinya kepada Bintang Lazuardi. Sahabat, sekaligus cinta pertamanya. Lelaki yang memperkenalkan Bulan kepada cinta masa remaja, sekaligus lelaki pertama yang Bulan izinkan untuk memasuki hatinya.

Kamu boleh punya gebetan atau pacar siapa aja.
Tapi nanti nikahnya harus sama aku.”Hlm. 50

Tetapi Bintang juga cinta yang tak sempat Bulan rengkuh. Cintanya terhempas tiba-tiba karena Bintang meninggalkan Bulan sampai enam tahun lamanya.

Tahun demi tahun berlalu siapa sangka kalau ternyata cinta Bulan untuk Bintang belum pupus? Bahkan ketika dia sudah memiliki suami sebaik Fahreza Ibrahim dan anak setampan Bumi pun, Bulan tidak bisa lepas dari cinta masa lalunya yang belum selesai.

Sebuah hubungan yang murni memang berdasarkan cinta,
bukan hanya sebatas sahabat.” Hlm. 50

Setelah lama menghilang, Bintang kembali lagi untuk mendapatkan Bulan-nya. Tak peduli status Bulan yang sudah menjadi seorang istri dan seorang ibu. Bintang tetap memperjuangkan cintanya.

“Aku siap menjadi nomor dua. Dan aku pastikan ini hanya sementara. Asal kamu menyetujuinya maka langkahku akan lebih mudah.”—Bintang Lazuardi

Novel ini tuh isinya perselingkuhan kelas berat. Ceritanya mengaduk-ngaduk perasaan. Bikin gemas sama kelakuan para tokohnya yang mengatasnamakan cinta sebagai alasan perbuatan mereka.

“Kamu perempuan terdekat yang kumiliki.
Sekaligus yang tidak akan pernah bisa aku jangkau.” Hlm. 55

Di Langit Malam, kamu akan banyak menemukan kilas balik kehidupan Bintang dan Bulan semasa remaja, juga alasan-alasan kenapa Bulan bisa berselingkuh dari suaminya.


“Kadang, cinta bukan hanya urusan cinta dan perasaan tapi melebihi itu semua. Cinta akan terdefinisikan oleh hati dan otak kamu ketika kamu telah jatuh bersamanya.” —Fahreza Ibrahim

Reza—suami Bulan diceritakan sebagai sosok suami yang baik dan ayah yang penyayang. Family man bangetlah. Pokoknya sosok Reza di sini nyaris sempurna. Saya berani taruhan, kalian pasti gemas untuk menghujat Bulan karena dia  menyakiti lelaki yang oh-so-adorable kayak Mas Reza.
                                            
Dalam Over The Rain, ada tokoh perempuan muda bernama Friska. Perempuan yang diam-diam menaruh hati sama Reza. Kalau dibandingkan dengan versi Wattpad, untuk bagian Friska saya suka Friska yang dulu. Soalnya lebih gemesin, dan lebih nyebelin.

Ada banyaaak sekali pesan yang saya ambil dari cerita ini. Salah satunya adalah menuntaskan cinta yang belum kelar! Yaampun, ini bisa jadi parasit kalau masih dibawa-bawa sampai menikah.

Saya kasih tiga dari lima bintang untuk Over The Rain. Keseluruhan cerita ini bagus. Gak cukup sekali rasanya saya baca kisah Bulan, Reza, dan Bintang. Dan tentang buku ini, saya cuma mau bilang ... Reza memang lelaki berhati malaikat tetapi Bintang juga seorang pecinta yang hebat.

Oh, aku fangirl-nya Abang Bintang, kyaaa! 

12 komentar:

  1. gak terlalu suka novel romance sih, lebih ke komedi romantis :D

    Ini reviewnya bagus, ceritanya kayak jatuh cinta diam-diam?

    BalasHapus
  2. Lama banget gak baca novel roman hahahhah, sekarang sukanya ngelibas koleksi yang sempat terbengkalai tak terbaca.

    BalasHapus
  3. Wah mbak kalo saya mah jarang baca novel mbak :D tapi saya suka dengan kata2 yang ininih mbak " Kamu boleh punya gebetan atau pacar siapa aja. Tapi nanti nikahnya harus sama aku ", keren ...

    BalasHapus
  4. Wah jadi pengen baca nih soalnya sudah lama gak baca novel tentang cinta.

    BalasHapus
  5. Whoaaaa. Novel romance tentang perselingkuhan berat gitu ya, Lu. Aku jadi ingat novel Supernova KPBJ. Itu tentang perselingkuhan juga. :D

    Film thriller yang bikin kamu nyesel nonton itu apa judulnya, Lu? Puk puk Luluuu. Iya sih umur segitu rada serem ya nonton film sadis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya lupa soalnya udah lama banget sih. Ih aku mah ga nyaranin soalnya filmnya agak saru wkwk

      Hapus
  6. Ya, gue memang laki-laki berhati malaikat *benerin kerah* *abaikan*
    gue sebenarnya kurang tertarik baca novel bergenre romance. Tapi menimbang ada nama gue di dalamnya *halah* gue jadi penasaran bakal kayak gimana kisah cintanya. Mungkinkah kisah cintanya bakal seperti kisah cinta gue? Ops.
    Mungkin nanti di toko buku mbak-mbak kasirnya bakal bilang, "novel ini nggak cocok buat seumuran kamu."
    Soalnya kemarin pas beli novel IEP gue digituin sama mbak-mbak kasirnya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk kalo aku pasti maluuu banget kalo sampe digituin sama mbak kasirnya hahaha

      Hapus
  7. Jadi kamu memihak reza apa bintang?
    Wah ini buku tentang cinta segitiga? atau segiempat? karena sekilas tadi ada nama disebut "friska yang menyukai reza"

    Wah rumit nih, iya emang clbk (cinta lama belum kelar) itu harus di kelarin. Karna kalau engga, kasian orang yang nantinya bersanding *cieh

    Btw aku dulu juga pembaca setia novel teenlit *haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk sini dong, tos dulu kalo samaan. ��

      Hapus
  8. Setelah Reviewnya..sepertinya novel ini bagus juga untuk di koleksi...Tapi sebelnya kalau baca novel yang bergenre romance begini, saya suka terbawa alur cerita..jadi nyesek kan...haha

    BalasHapus
  9. Aku suka dengan quote yang ini “Kamu perempuan terdekat yang kumiliki.Sekaligus yang tidak akan pernah bisa aku jangkau.” jadi ingat seseorang...hahay

    BalasHapus